azzie

azzie

Jumat, 31 Oktober 2014

TJD Solo, Kecepatan Bukan Segalanya



Halo pecinta dunia bis, dimanapun anda berada, kali ini saya akan menceritakan touring jarak dekat (TJD) Semarang – Solo di hari Jumat 31 Oktober 2014. Sebenarnya banyak cerita yg belum saya ceritakan, mulai tour ke Maospati, Jakarta, Solo, Jogja hingga tour Bungurasih, Surabaya. Yak kembali ke cerita yg sebenarnya, kali ini saya bersama teman karib dan seperjuangan sebut saja cungkring memang sedang galau, akhirnya memutuskan untuk touring dan “mencoba” joknya PO. Raya yg katanya lebar, maklum untuk perjalanan Solo –Semarang sudah terbiasa naik Sumber Group atau Safari Group. Sempat tertunda sehari, akhirnya touring dilaksanakan juga, pukul 09.48 kami menunggu di spot biasa yakni agen Shuttle Sumber Alam di Karangjati, tanya timmer Taruna/Safari ternyata masih ada sekitar 7 Taruna lagi. Yaah, akhirnya nunggu sekitar 1 jam.
Sekitar pukul 10.38 datanglah sesosok putih besar berlivery merah oranye, yap itulah Raya berbody Discovery Karoseri Laksana berplat AD 1550 AR. Okelah naik juga dengan membayar tarif Rp.20.000 untuk jarak Karangjati-Solo, dan ternyata benar saja joknya empuk, lebar dan cocok untuk bobok mania.
Raya 1550 AR, Seat 2-2
 Minusnya satu sih yaitu akses jalan tengahnya jadi sempit, tapi overall sip untuk perjalanan jauh ditambah dengan dinginnya AC thermo king khas Raya. Tidak berselang lama bus langsung fight dengan Taruna AD 1568 BD berbody Marcopolo Morodadi Prima, hal ini terjadi sampai terminal Bawen saja, selepas itu jalan seperti biasa. Oh iya, kami duduk di tengah walau belakang sopir kosong karena kami bukan penggila hotseat seperti penggemar bis sekarang yg katanya kalau gak hotseat gak bismania sejati. Perjalanan begitu nyaman dan kembali bertemu Taruna 68 BD di Boyolali, setelah terminal 68 BD tersusul dan Raya di depan. Hingga tak terasa sampai Kota Solo dan sampai terminal Tirtonadi sekitar pukul 12.12 dan langsung bergegas menuju masjid untuk menunaikan shalat jumat.
Setelah shalat, kami menuju shelter pemberangkatan bus di pintu keluar terlihat di sana PO. Sugeng Rahayu W 7805 UY berbody Old Legacy Karoseri Laksana terparkir untuk menunggu giliran shelter pemberangkatan (Solo Barat 13.35). waktu saat itu menunjukkan pukul 13.11, kembali datang SR Semarang W 7102 UZ body Discovery. Ternyata kondisi jalan yang lengang membuat bus – bus Jawa Timuran lebih cepat masuk terminal Tirtonadi. 
Solo barat 13.35
Akhirnya pukul 13.28 bus diparkirkan di shelter pemberangkatan dan kami berdua naik, kebetulan tempat duduk depan kosong akhirnya kami duduk depan belakang kernet. Kali ini adalah jatah Mas Mulyo dan kernet Mas Basuki. Pukul 13.41 bus berangkat menuju Semarang. Ciri khas mas Mulyo memegang kendali stir kembali terlihat, dengan kecepatan 60-90km/jam goyangan begitu terasa dengan skill “nyetik”nya tak lupa candaan khasnya yg selalu menjadi pelepas kantuk di jalan.
Dari tirtonadi hingga terminal Kartosuro hanya melawan Putra Remaja body Evonext NA 1521 Intercooler. Setelah itu kembali mengovertake Sumba Putra di Ngasem dan di bangjo Pengging. Tak sampai disitu Gajah Mungkur pun diovertake di Teras. Pukul 14.28 sampai di terminal Boyolali dan tidak masuk terminal. Lepas terminal Tunggal Daya Putra pun dilalap tanpa perlawanan dengan memaksakan jalur kanan (kress). Pukul 14.41 memasuki sruwen dan terlihat Rajawali coklat dan Agra Mas jetbus hd 2 BM 037. Sebelum masuk tingkir kedua bus tersebut dapat didahului. Sebenarnya mas Mulyo terbiasa mendahului rekan jalanannya di depan seperti Raya 50 AR dan 75 AR, serta Taruna 68 BD, namun kali ini tidak karena kondisi jalan agak padat dan ada sedikit trouble disana. Akhirnya pukul 15.36 sampai di Karangjati kembali, tak lupa ucapan terimakasih kepada kru yang telah bertugas hari itu.
Untuk para pelaju, monggo dicoba 7805 UY ini baik driver pak Dwi atau mas Mulyo sama-sama recomended untuk roster 1. Memang bus ini terkenal raja perpal, namun sekali naik Semarang dapat dibuktikan. Salam Silver Biru, di luar kita saudara di aspal kita teman seperjuangan. SGJS Family

Tidak ada komentar:

Posting Komentar